Tips Memilih Gorden Rumah Sakit Anti Bakteri

Tips Memilih Gorden Rumah Sakit

Memilih gorden rumah sakit tidak sama dengan gorden untuk kebutuhan hunian, karena banyak aspek yang harus diperhatikan. Sebab biasanya gorden ini bukan saja dipakai untuk aksesoris pada jendela, tapi juga membatasi ruangan dan tempat tidur pasien. Makanya akan lebih baik jika menggunakan yang anti bakteri.

Produsen gorden memang sudah mengetahui standar untuk produk gorden rumah sakit, tinggal Anda yang menentukan gorden seperti apa yang akan dibeli dan digunakan. Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan saat memilih gorden tersebut.

Tips Memilih Gorden Rumah Sakit

6 Tips Memilih Gorden Rumah Sakit

Biasanya gorden untuk kebutuhan rumah sakit sengaja di desain berbeda, terutama dari segi bahannya yang lebih licin dan lembut. Kemudian kemampuannya mencegah bakteri menyebar, makanya jangan sembarangan memilih karena akan sangat berdampak pada sterilitas rumah sakit hingga kondisi pasien di rumah sakit tersebut.

1. Pastikan Spesifikasinya

Anda harus memastikan spesifikasi dari gorden tersebut, terutama kemampuan anti bakterinya. Karena dalam sebuah ruang inap untuk beberapa pasien, bisa saja seorang pasien penyakit menular bersebelahan dengan pasien dengan penyakit dalam ketika ruang inap lainnya penuh.

Anda bisa menanyakan hal ini pada penjual gorden, dan melihat spesifikasinya langsung pada brosur yang disediakan. Jika ada hal yang belum sesuai dengan kriteria spesifikasi Anda, maka sebaiknya cari gorden yang lain.

2. Pastikan Kualitas Rel Gorden

Rel dan pengait gorden juga merupakan kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Jadi setelah Anda mendapatkan refereksi gorden yang masuk kriteria rumah sakit, pastikan juga rel gorden sangat kuat dan tahan lama.

Karena bisa jadi pasien dengan kondisi tertentu lepas kendali saat diperiksa, kemudian menarik gorden sebagai pelampiasan. Jika relnya kuat maka gorden tidak akan mudah patah dan pasti akan kokoh menahan beban tarikan tersebut.

3. Tahan Api dan Air

Ini juga harus jadi pertimbangan utama, karena musibah bisa terjadi kapan saja. Misalnya api yang menyambar dari arus pendek peralatan rumah sakit, ketika menyambar gorden abal-abal tentu akan mudah terbakar dan mengancam nyawa pasien. Begitu juga dengan ketahanannya terhadap air, yang juga harus diperhitungkan.

4. Beli di Tempat Tersertifikasi

Sebaiknya beli gorden di tempat yang khusus menjual perlengkapan rumah sakit dan sudah tersertifikasi. Walau mungkin harga gorden rumah sakit disana akan berbeda dari penjual biasa, tapi lebih baik mahal daripada mempertaruhkan keamanan dan kesehatan siapa saja di rumah sakit.

5. Pastikan Jenis Bahannya

Ada beberapa bahan gorden yang dianjurkan untuk rumah sakit, diantaranya full PVC yang benar-benar anti bakteri sekaligus anti darah. Kemudian ada juga bahan polyester yang berbentuk jaring dan juga dipastikan anti bakteri, bahan ini juga memiliki tingkat keawetan tinggi sehingga Anda tak perlu tiap sebentar ganti gorden.

6. Kemudahan Perawatannya

Pastikan juga gorden rumah sakit yang Anda pilih, mudah untuk dibersihkan dan dirawat oleh petugas rumah sakit. Karena bisa saja noda apapun lengket disana, sehingga saat dicuci noda akan mudah hilang dan gorden kembali bersih maksimal saat digunakan kembali.

Tapi biasanya ketika Anda membeli gorden dengan spesifikasi seperti tips sebelumnya, pasti akan mudah untuk dirawat, dibersihkan, dan disterilisasi usai penggunaan rutin.

Demikianlah sejumlah tips yang perlu Anda ketahui, saat memilih gorden untuk kebutuhan rumah sakit. Jangan hanya tergiur dengan harga gorden rumah sakit yang murah, tapi ternyata kualitas dan spesifikasinya tidak memenuhi standar rumah sakit. Sama saja dengan membeli barang sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *