Punya Niat Pasang Plafon? Ketahui Masalah Umum yang Sering Muncul Pada Palfon

Masalah Umum yang Sering Muncul Pada Palfon

Disebut-sebut membuat atap menjadi terlihat cantik dan rapi, semakin hari semakin banyak orang yang menggunakan plafon sebagai partisi pendukung rangka atap.

Selain menambah nilai estetika, plafon juga masih memiliki fungsi lain yang menarik untuk di bahas, salah satunya adalah melindungi rungan agar tidak mudah kotor dan berdebu akibat kotoran yang berasal dari atap.

Masalah plafon

Beberapa jenis material plafon ada pula yang memiliki keistimewaan seperti plafon akustik yang dikenal memiliki daya redam suara yang baik atau kedap suara, hal ini karena bahan pembuatnya terbuat dari material khusus. Selain itu material ini memiliki bobot yang ringan, mudah dalam pemasangan dan relatif cepat.

Seperti halnya partisi lainnya yang tidak sempurna, ternyata plafon juga kadang-kadang rewel, sehingga sering timbul berbagai macam masalah diantaranya :

Plafon jebol

Penyebab plafon jebol sangat beragam, paling sering adalah karena sering terendam air hujan karena atap bocor atau karena dibuat main hewan seperti kucing dan tikus. Tidak jarang ketika ada kucing melompat atau berlarian, plafon tiba-tiba jebol.

Cara mengatasinya adalah dengan menutup celah plafon menggunakan papan. Sementara untuk plafon yang jebol karena pelapukan maka anda harus memperbaiki atap yang bocor, terlebih jika anda menggunakan plafon akustik kelembapan sangat perlu diperhatikan.

Plafon retak

Plafon retak banyak terjadi pada bagian sambungannya, biasanya karena material dempul yang jelek, selain itu perubahan suhu yang ekstrim juga berpengaruh pada plafon, ketika siang sangat panas dan ketika malam hari dingin, daya tarik yang kurang pada beberapa jenis plafon membuat plafon mudah retak dan rawan jebol.

Plafon bergelombang

Masalah kalo ini biasanya terjadi karena salah dalam proses pemasangannya atau sering terendam air. Bagian permukaan yang sering terkena air menjadi lembab, lama-kelamaan akan membentuk gelombang-gelombang dan berwarna kekuningan. Selain itu salah dalam proses pemotongan dan pendempulan ketika finishing juga mempengaruhi permukaan plafon.

Plafon berjamur

Dipasaran banyak sekali jenis plafon yang memiliki berbagai macam keunggulan, sayangnya masih banyak material plafon yang tidak tahan terhadap air, sehingga rawan sekali berjamur apabila berada di tempat yang lembab karena atap bocor.

Salah satu material yang gampang sekali berjamur adalah gypsum, jika anda membutuhkan partisi yang kedap suara sebaiknya memilih material akustik, di toko bangunan sudah ada banyak yang jual plafon akustik ini, jadi jangan khawatir sulit untuk menemukannya.

Hour setiap bangunan yang ada pasti menggunakan plafon sebagai partisi atap, mulai dari rumah, proyek perumahan, kamar-kamar hotel, gedung perkantoran, rumah sakit, ruang kelas dan masih banyak lagi. Agar palfon dapat digunakan dalam jangka panjang tanpa adanya perubahan bentuk yang signifikan sebaiknya menggunakan material plafon dengan kualitas yang baik, anti jamur, anti air, anti api, dan kuat merupakan syarat utama.

Apalagi jika digunakan pada ruangan yang bersifat pribadi seperti kamar dan ruang meeting sebaiknya menggunakan plafon berkualitas plus fungsi tambahan meredam suara. Akustik bisa jadi pilihan material yang tepat, palfon jenis ini bisa anda temui di toko yang jual plafon akustik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *