Ingin Membuat Papan Tulis dari Kaca? Ini Jenis Kaca yang Digunakan

Jenis Kaca yang Digunakan Membuat Papan Tulis

Pusing dengan debu yang ditimbulkan kapur dari papan tulis? Kapur kini sudah tidak lagi digunakan untuk menulis baik itu di dalam ruang kelas apalagi kantor. Solusinya adalah mengganti papan tulis dari kaca atau yang disebut juga sebagai glassboard. Sesuai dengan namanya, papan tulis ini terbuat dari bahan kaca yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian dari Anda.

Mengapa bukan whiteboard tetapi papan tulis kaca? Dibandingkan dengan papan tulis lainnya, papan yang terbuat dari kaca ini akan lebih tahan lama. Terlebih lagi tidak mudah dibersihkan dan tidak meninggalkan bekas. Whiteboard misalnya, ketika Anda selesai menulis dan menghapus maka akan muncul bekas warna hitam yang sulit dihilangkan. Oleh karena itu papan tulis dan bahan kaca adalah solusi yang terbaik.

Bahan Kaca untuk Pembuatan Glassboard

Ada banyak sekali model untuk papan tulis kaca, baik itu yang permanen dan ditempelkan pada dinding atau juga portable. Anda bisa memilih model sesuai dengan kebutuhannya. Namun perlu diingat ada banyak sekali jenis kaca di luar sana, tapi apakah jenis kaca yang cocok digunakan untuk pembuatan glassboard?

Tidak semua jenis kaca bisa digunakan, karena penggunaan papan tulis penuh dengan goresan dan dihapus berulang kali. Jika jenis kaca yang digunakan tidak berkualitas maka tidak ada bedanya dengan whiteboard. Jadi apakah jenis kaca yang tepat untuk pembuatan papan tulis? Jawabannya adalah kaca tempered.

Apa yang membuat kaca tempered ini tepat digunakan untuk material papan tulis? Ada banyak hal yang membuatnya harus digunakan. Berikut ini macam-macam alasan mengapa jenis kaca untuk glassboard haruslah kaca tempered.

  • Tahan terhadap goresan

Jenis Kaca yang Digunakan Membuat Papan Tulis

Kaca tempered seperti yang dikenal adalah kaca super kuat dengan ketahanan yang tinggi. Goresan tidak akan mengakibatkan permukaan kaca tempered rusak atau cacat. Anda mungkin tidak akan menemukan kelebihan ini jika menggunakan jenis kaca yang lainnya. Misalnya saja kaca transparan untuk jendela, goresan pasti tetap akan muncul walaupun kerusakannya sangat tipis. Namun ketika Anda menulis di atas kaca dengan spidol akan sangat terlihat.

  • Memiliki ketebalan yang pas

Kaca biasanya dibuat dengan ketebalan tertentu, di antara jenis kaca lainnya kaca tempered adalah yang paling tebal. Ketebalan kaca tempered bisa disesuaikan dengan kebutuhan pembuatan papan tulis. Minimal ketebalan yang normal untuk papan tulis dinding adalah 8mm. Ukuran ini dibutuhkan agar kaca akan terus kokoh ketika dipasang di dinding.

Hal yang sama juga dibutuhkan ketika Anda hendak memilih papan tulis dari kaca yang portable. Jika kaca terlalu tipis seperti yang biasa digunakan untuk kaca jendela, maka akan sangat mudah rusak ketika terkena sedikit guncangan.

  • Warnanya yang transparan

Ada berbagai jenis kaca yang berwarna seperti kaca es dan juga kaca film. Namun kaca tempered yang transparan justri paling dibutuhkan untuk papan tulis. Bukan hanya soal transparan tetapi juga mempermudah tulisan yang dibuat di atasnya. Ada satu lagi kelebihan jenis kaca ini sebagai papan tulis yaitu bisa dilapisi dengan cat di salah satu sisinya. Sehingga sangat mungkin untuk memesan kaca dengan beberapa pilihan warna. Saat ini sudah banyak papan tulis kaca yang tersedia dalam macam-macam warna.

Sudah sangat jelas bahwa papan tulis kaca hanya menggunakan kaca tempered. Jika Anda sedang memilih papan tulis pastikan dulu bahwa kaca tempered adalah bahan yang digunakan. Sehingga Anda tidak akan tertipu oleh para penjual dan hanya mendapatkan papan tulis berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *