Cara Pasang LED pada Motor dengan Benar

Cara Pasang LED pada Motor

Saat ini, dalam mengembangkan inovasi motor baru, pabrik-pabrik kerap menggunakan LED sebagai fitur penerangan pada kendaraan roda dua ini. Alasannya adalah penggunaan LED pada motor dapat mencegah pemborosan terhadap aki. Pada salah satu merek motor, total daya lampu bagian depan yang digunakan pada saat posisi dekat hanya 11,4 watt. Sedangkan penggunaan lampu jauh hanya akan bertambah sebesar 4,0 watt saja dari total daya pada penggunaan fungsi dekat.

Penggunaan LED ternyata jauh berbeda dengan penggunaan bohlam yang harus menggunakan daya dalam jumlah besar apabila ingin terlihat terang. Apalagi penggunaan daya besar harus diiringi dengan sumber yang tidak sedikit sehingga poros engkol harus bekerja lebih keras. Jelas sekali terdapat beda pengaruh yang signifikan pada performa mesin itu sendiri antara pemakaian lampu bohlam dan LED.

Nah, penggunaan LED penting sekali, kan? Apalagi sekarang, peraturan lalu lintas mewajibkan pengguna motor untuk menyalakan lampu siang dan malam, tentu akan boros bahan bakar apabila tidak menggunakan LED.

Cara Pasang LED pada Motor

Nah, mungkin Anda tertarik untuk memasang lampu LED pada motor supaya bahan bakar lebih hemat meskipun lampu menyala seharian. Dengan keuntungan dan kelebihan yang sudah dipaparkan tadi di atas, Anda tidak memiliki alasan lagi untuk tidak mengganti lampu motor Anda dengan LED.

Karena itu, pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan kepada Anda langkah-langkah memasang LED pada motor. Anda bisa mempelajarinya dan mempraktekannya di rumah. Selamat mencoba!

Langkah-Langkah Memasang Lampu LED pada Motor Sendiri

Cara Pasang LED pada Motor

Untuk memasang LED pada motor, prosedurnya dibagi menjadi beberapa tahap. Setidaknya, ada empat yaitu tahap fitting, pemasangan lampu pada reflektor, pengaturan kabel, dan pengaturan LED itu sendiri. Jangan lupa, sebelum memasang LED, ketahuilah bahwa LED hanya dapat dipasang dengan arus listrik DC. Beberapa motor keluaran 2013-2014 masih menggunakan arus AC pada lampu, meskipun mesinnya sudah DC. Hal ini akan menyebabkan lampu LED kedap-kedip.

1. Tahap Fitting

Fitting adalah rongga atau socket yang digunakan sebagai dudukan lampu motor. Pemilihan socket harus disesuaikan dengan jenis motor yang Anda pakai. Bila jenis motor Anda adalah matic, maka gunakan fitting dengan tipe H6. Namun, bila Anda memakai motor sport, maka gunakanlah tipe H4.

Cara memasang fitting pada motor adalah Anda harus menemukan terlebih dahulu lubang khusus peletakkan mur. Apabila Anda sudah menemukannya, lakukan pemasangan fitting dengan mengaitkannya dengan baut, lalu dikunci oleh mur.

2. Tahap Pemasangan Lampu Pada Reflektor

Letakkan masing-masing lampu di tempatnya. Caranya sama seperti pemasangan lampu biasa, yaitu tekan terlebih dahulu agar lampunya masuk secara perlahan. Kemudian, kencangkan dengan memutarnya.

3. Pengaturan kabel

Apabila pada motor Anda terdapat kabel bawaan fitting lampu utama, maka Anda harus memotongnya atau mencoaknya, kemudian menyambungkan masing-masing kabel ke LED. Kabel biasanya terbagi tiga warna, yaitu warna putih untuk lampu dekat, biru untuk jauh, dan hijau untuk arus negatif. Terakhir, jangan lupa untuk merekatkan sambungan dengan selang bakar. Bila tidak ada, cukup gunakan isolasi. Memang, tahap ini adalah yang tersulit dari yang lain.

4. Pengaturan lampu LED

Untuk memastikan cahaya lampu yang dipantulkan reflektor seimbang, Anda perlu mengatur posisi LED. Bila cahaya lampu terlalu condong ke speedometer, maka yang harus Anda lakukan memundurkan posisi fitting atau socket. Namun, apabila cahaya lampu terlalu condong ke atas, maka Anda perlu memajukan fitting.

Kemudian, supaya cahaya tidak terlalu silau, maka lampu harus diturunkan sampai mengarah ke bawah dengan mengendorkan dulu bautnya.

Harga Lampu LED Saat Ini

Cara Pasang LED pada Motor

Mengenai harga lampu LED saat ini, tergantung fungsi dan merek motor itu sendiri. Biasanya, harga headlamp berkisar antara Rp500 ribuan bahkan sampai empat jutaan. Untuk lampu belakang, ada yang harga Rp200 ribu sampai satu jutaan saja.

Maka dari itu, sesuaikan harga lampu LED dengan budget yang Anda punya saat ini. Demikian, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *